Jenis dan Kategori Tali Tross Kapal di Pelabuhan

0 Comments
Tali Tross Kapal

Tali tross kapal selama ini menjadi salah satu alat yang dipakai untuk menahan kapal ataupun benda terapung dari kencangnya arus air laut. Jadi tali tross memag dipakai sebagai salah satu alat tambat kapal ketika berlabuh. Mengingat di situasi dan kondisi cuaca yang tidak menentu di areal pelabuhan, dibutuhkan penahan gelombang dan angin agar aman bersandar disana.

Kapal akan bisa dikatakan tertambat jika sudah terikat sejumlah objek di dermaga sehingga objek tersebut tidak akan berpindah tempat. Makanya dalam usaha mengamankan kapal. Biasanya setiap kapal akan ditambatkan memakai tali dengan ukuran besar.

Bahan yang digunakan dalam penambatan kapal, tentu membutuhkan tali dengan kekuatan tertententu. Meski sudah dilengkapi sejumlah tali, setiap kapal yang bersandar juga harus memakai sejumlah alternatif tali demi kekuatan tambatannya.

Sejumlah Jenis Tali Tross Kapal

Sejauh ini tali tross kapal juga memiliki sejumlah jenis baik dari segi bahan dan juga penggunaannya. Disamping sebagai penguat kapal, tali tambat yang berkualitas juga akan memberikan fungsi sesuai dengan kekuatannya. Berikut ini jenis tali tambat kapal yang ada dipasaran.

Tali PP Monofilament

Tali tambat kapal jenis pertama adalah PP Monofilament. Jenis tali ini bisa dikatakan kategori termurah. Serta tahan bahan kimia, oli dan tidak menyerap air. Karena tidak menyerap air maka bisa dikatakan memakai jenis tali ini akan menguntungkan. Dalam kondisi basah dan kering maka beratnya akan selalu sama. Biasanya tali tross ini dipakai pada kapal kecil dan berukuran sedang.

Tali Wire Rope

Untuk memperoleh kekuatan pada sistem tali tambatan kapal, pemakai bisa menggunakan jenis tali wire rope. Selama ini wire rope dikategorikan sebagai jenis tali yang memiliki breaking load atau kekuatan yang begitu maksimal. Namun ada sisi kekurangan dengan pemakaian jenis tali ini. Sangat mudah berkarat, sangat jelek ketika menahan goncangan dan sangat berat jika dipakai sebagai tali tambat kapal.

Tali PP Multifilament

Jika dibandingka dengan PP Monofilament, jenis tali PP Multifilament bisa dikatakan memiliki nilai harga yang jauh lebih mahal. Namun soal kekuatan, jenis tali ini memang lebih kuat. Sisi kekurangannya ada pada sifatnya yang bisa menyerap air. Sehingga dalam kondisi basah jenis tali ini memang akan semakin berat.

Tali Nylon

Jenis tali tross kapal yang selama ini sering dipakai di pelabuhan adalah tali nylon. Memiliki ketahanan tinggi soal gentakan dan gesekannya. Kekuatan dari tali ini membuat sebagian besar pelabuhan memakai jenis tali nylon sebagai tali tambatan. Karena bisa menampung segala macam jenis kapal kecil maupun kapal berukuran besar.